Jumat, 03 Februari 2017

Tips-tips dalam berpidato


Merasa gugup sebelum berpidato adalah hal yang alami dan bahkan sangat baik, tapi bila terlalu berlebihan bisa berdampak negatif. Berikut ini beberapa tips tentang berpidato dengan baik :
  1. Pelajari material pidato Anda. Carilah topik yang sangat menarik. Pelajari hal tersebut untuk disampaikan dalam pidato Anda. Gunakan humor, kisah pribadi dan bahasa percakapan - itulah cara agar Anda tidak lupa tentang apa yang Anda katakan.
  2. Berlatihlah dengan maksimal Berusahalah mengendalikan kalimat-kalimat penting; latihan, jeda dan ambil napas. Latihan dengan menggunakan pengukur waktu dan luangkan waktu untuk hal-hal yang tak terduga.
  3. Pelajari ruangan. Datanglah lebih awal, berjalan di sekitar area pidato.
  4. Santailah. Memberikan Anda waktu dan menenangkan rasa gugup Anda. Jeda, senyum dan hitung sampai tiga sebelum mengatakan sesuatu. 
  5. Visualisasikan diri sendiri sedang memberikan pidato. Bayangkan diri Anda berbicara, dengan suara lantang, lugas dan penuh rasa percaya diri. Visualisasikan para hadirin memberikan tepuk tangan - hal ini akan menambah rasa percaya diri Anda.
  6. Pahami bahwa orang-orang tersebut ingin Anda berhasil. Para hadirin ingin Anda menjadi sosok yang menarik perhatian, memberikan stimulasi, informatif dan menghibur. Mereka bersorak untuk Anda.
  7. Jangan meminta maaf atas kegugupan Anda atau masalah yang Anda hadapi. Para hadirin tidak akan memperhatikannya.
  8. Pusatkan perhatian pada pesan - bukan pada media. Perhatian yang fokus menjauhkan rasa khawatir Anda dan konsentrasilah pada pesan dan para hadirin Anda.
  9. Jika pada saat pidato, ada suatu kesalahan, jangan terlalu panik dan bingung karena itu dapat mempengaruhi bagian pidato yang selanjutnya. 
  10. Tetap berusahalah, karena kegagalan adalah awal dari kesuksesan.
Sumber : https://sites.google.com/site/goodpresentations/tip-teknik/10-tip-berpidato-di-depan-umum (dengan pengeditan seperlunya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar